Jet – jet darat terpanjang & tercepat..

Mari kita lihat kereta-api tercepat yang ada di bumi ini :

Sepertinya negara negara adidaya semua ikut berlomba lomba dalam hal “kecepatan”. Setelah beberapa negara eropa meluncurkan kereta api tercepatnya, sekarang menyusul negara Cina meluncurkan kembali kereta api tercepatnya dalam rangka menyambut perhelatan olahraga akbar dunia yang mempunyai kecepatan 300 kilometer per jam.
Kereta api tersebut mempunyai 8 buah gerbong dan mampu mengangkut 600 penumpang dan direncanakan akan menempuh rute Beijing – Tianjin yang berjarak kurang lebih 115 km dalam waktu tempuh 30 menit dibandingkan dengan kereta api biasa yang memakan waktu kurang lebih 80 menit. Kereta tersebut sudah mulai dioperasikan sebelum Olimpiade China Beijing diselenggarakan bulan Agustus 2008 ini.

Kereta – api  tercepat  itu antara lain :


Tokaido Shinkansen – Jepang

Jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan kereta ini di tahun 1964 untuk melayani ruteTokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka. Kecepatannya 201 km/jam.

JR-Maglev MLX01 – Jepang

Termasuk kereta jenis superconducting magnetic levitation train (maglev) yang dalam uji cobanya bisa mencapai kecepatan 581 km/jam. Namun kereta ini belum dioperasikan secara komersil.


Shangai Maglev Train – China

China malah mendahului Jepang dengan meluncurkan lebih dulu kereta maglev-nya di tahun 2004.

Dibangun dengan teknologi dari Jerman, kereta ini dapat mencapai kecepatan 430 km/jam dan dapat mengantar penumpang dari Pudong International Airport ke Longyang Road Station di tengah kota hanya dalam waktu delapan menit.


Korean Train Express (KTX) – Korea Selatan

Tahun 2004, Korea Selatan menjadi negara kedua di Asia selain Jepang yang membangun jaringan kereta berkecepatan tinggi untuk menghubungkan kota-kota utama. Teknologi KTX mengadopsi teknologi TGV, kereta berkecepatan tinggi milik Perancis.


Taiwan High Speed Rail – Taiwan

Setelah mengalami penundaan beberapa tahun, akhirnya Taiwan High Speed Rail diluncurkan tanggal 5 Januari lalu. Dibangun berdasar teknologi Shinkansen milik Jepang, kereta ini memotong waktu tempuh antara Taipei dan Kaohsiung dari empat jam menjadi 90 menit.


Train a Grande Vitesse (TGV) – Perancis

Diluncurkan di awal tahun 1980-an, TGV melayani rute antara Lyon dan Paris. Sejak menuai kesuksesan, rute pun ditambah ke kota-kota lain di Perancis dan bahkan sampai ke negara lain. Kereta ini dikembangkan oleh Alstom SA – pembuat kereta api terbesar kedua di dunia, dan memecahkan rekor kecepatan 515 km/jam untuk kereta dengan roda konvensional.


InterCity Express (ICE) – Jerman

Di awal tahun 1990-an, Jerman meluncurkan kereta ini untuk melayani rute antara Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart. Kereta ini dikembangkan oleh Siemens dan dapat mencapai kecepatan 280 km/jam.


Transrapid – Jerman

Jerman juga membuat kereta maglev yang dapat mencapai kecepatan 550 km/jam. Sayangnya, di bulan September 2006 kereta ini mengalami kecelakaan di dekat kota Lathen yang menimbulkan korban jiwa sebanyak 23 orang.


Direttissima – Italia

Akhirnya Italia juga tidak mau ketinggalan demam membuat kereta cepat di Eropa. Italia meluncurkan kereta Direttissima ini untuk melayani rute Roma dan Florensia dengan kecepatan 254 km/jam.


Eurostar – Inggris Raya

Kereta ini mulai beroperasi di tahun 1994 dan melayani rute dari London ke Perancis dan Belgia (melalui terowongan di bawah selat Channel). Perjalanan London ke Paris dengan kereta ini memakan waktu sekitar 2 jam dan 35 menit. Menaiki kereta-kereta ini adalah seperti berwisata. Kita merasa rileks dan nyaman sambil menikmati pemandangan di luar.

Seandainya Indonesia mempunyai kereta api yang bisa di banggakan ya.. semoga aja pasti ada pemikiran seperti itu dan hanya biasa kita tunggu……

Salam Railfans


3 Komentar (+add yours?)

  1. AGUS RIYANTO SETYAWAN.SH
    Jan 19, 2010 @ 15:49:42

    Indonesia ayo maju terus tingkatkan kemampuan di bidang tehnologi…semangat…semangat….
    MERDEKA…
    tuangkan ide2 kreatifmu di atas kanfas…jangan di pendam…
    maju terus pantang mundur….

  2. dinarku
    Jan 23, 2010 @ 09:41:41

    salam mas Agus..

    Wah aku setuju banget dengan semangat anda..

    salam hangat,

  3. jookoo
    Agu 16, 2010 @ 14:28:43

    indinesia ah,,,kereta roda manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: