Termehek-mehek, scenario atau beneran..??

Di suatu  hari ada temen saya yang bercerita tentang acara ini, karena kebetulan teman dia pernah jadi aktor pemerannya…….

Pernah nonton program reality Show Termehek – mehek di Trans Tv?

Acara ini tayang setiap Sabtu dan Minggu jam 18.30. Sedikit Gambaran singkatnya, Acara ini mengupas tentang kasus kehilangan seseorang, entah itu pacar, temen bahkan kakek yg udah lama lost contact.

Dan Akhirnya tanpa sengaja, Edisi minggu kemarin menguak kebohongan reality show tsb. Awalnya saya sudah mengira program ini pasti bagai pinang dibelah gergaji dengan reality show yg lain. Mengumbar cerita bohong demi sebuah rating. Pada Episode itu bercerita seorang cewe yg udah 3 bulan ditinggal cowonya yg bernama Ruly.

Usut punya usut selidik punya selidik layaknya detektif Hunter tahun 80an, ternyata oh ternyata si Ruly terlihat jalan dengan seorang Wanita setengah baya yg pada episode itu dianalogikan sebagai seorang Tante Girang.

Pada satu segmen tiba2 Istri saya yg sedang asyik nonton nyeletuk dan membuyarkan canda saya dengan Fayyaz, ” Loh yang..itu kayak temen kamu tuh”  Begitu Mata ini tertuju pada Televisi 21 Inc itu, spontan heran dan sedikit terkejut sambil sedikit pingsan (bagian yg ini rekayasa..).

“Ngapain ya temen-temen gw itu?” dalem hati “Apa emang kenal dengan tokoh Ruly di adegan tersebut atau..” masih dalem hati.

Seribu tanya dalam hati akhirnya memaksa tangan ini meraih Hp diatas meja rias istri saya dan langsung menghubungi teman saya tsb. “Hehehehehehe. ..bohongan kok den, udah di set dari mulai cerita sampe pemain – pemainnya, lu mau ikutan juga bisa, entar gw daftarin, kebetulan gw kenal sama team reality shownya nanti biar mereka seting ceritanya kayak apa” Begitulah kira2 klarifikasi yg diberikan teman saya. Gubraks…Lagi lagi demi rating apapun dilakukan.. “Tuuuuh..acara favorit kamu rekayasa tuh,besok jgn ditonton lagi” begitulah omel saya ke istri yg masih asik duduk didepan televisi sore itu.

Makin harus selektif nih milih program tv.

Aku yakin anda pasti pernah melihat acara Termehek-mehek dan pasti salah satu keluarga anda rela menunggu acara tersebut.

Yang aku herankan kenapa ya… hanya ingin mengejar sebuah Rating  Acara TV, sebuah relita di gambarkan dengan kebohongan.

Okelah seandainya itu kisah nyata…. sebenarnya untuk apa semua itu di publikasikan……. Untuk sebuah pelajaran dalam hidupkah, untuk mengundang rasa kepedulian kitakah, untuk memancing perasaan iba & emosi hati kitakah atau………

Demi Rating Acara……

2 Komentar (+add yours?)

  1. suciptoardi
    Mar 07, 2009 @ 09:14:25

    Saya kira awalnya ada yang benar, namun rating yang tinggi semakin membuat Tim kreatifnya untuk kejar target. Alhasil berbagai rekayasa dilakukan. Setidaknya itulah yang saya tahu dari teman di kampus elit yang ditawari untuk masuk realitiu show yang kaya Termehek-mehek dan sejenisnya…

    Kalau ada sesuatu yang “ngak bener” dalam dunia pertelevisian, itu mah biasa…kita belum pro…

  2. dinarku
    Mar 07, 2009 @ 09:53:53

    Mungkin di satu sisi benar.

    Dari dunia TV pasti membenarkan cara – cara itu karena memang demi tuntutan sebuah rating.
    Tapi mari kita renungkan bagaimana dari segi pandang orang – orang yang menyaksikan tayangan tersebut?
    Pola pikir mereka pasti terpatri dan beranggapan kejadian yang mereka lihat selama ini nyata….. apakah dapat di benarkan….??

    Memang di sini jadi ada gep pro & kontra.
    Jadi hanya Penonton Bijaksana yang bisa memilih sebuah tayangan yang bermutu & mendidik tanpa ada sebuah…….
    Konspirasi Rekayasa.

    Terima Kasih komentnya & Salam Hangat

Tinggalkan Balasan

