Manfaat Matahari di balik teriknya

Saya yakin jika kita berangkat kerja ketika matahari sudah kelihatan pasti akan menggerutu, “Wah…. pagi -pagi panas banget nih”  atau juga bilang, “Busyet nih hari panas banget”.

Anda tidak salah, tapi….. Tahukah Anda,

Berangkat pagi di saat matahari masih mengintip dan pulang sore bahkan malam hari saat matahari sudah terbenam. Bekerja atau pergi kuliah di perkantoran dalam gedung-gedung, ruang tertutup dan ber-AC atau berdiam diri di dalam kamar kos sambil bermain game online 24jam dengan jendela dan pintu tertutup dan ber-AC, membuat teman-teman hampir tidak pernah terpapar dengan sinar matahari. Bila seperti itu keadaan atau nasib yang harus Anda terima setiap hari, maka Anda harus waspada. Tidak pernah tersentuh sinar matahari tidak hanya membuat Anda akan terlihat seperti seorang albino, namun kesehatan Anda juga akan terancam. Matahari memberikan pertumbuhan dan tenaga bagi semua mahkluk hidup termasuk Anda oleh karena itu bacalah terlebih dahulu artikel di bawah ini sebelum Anda mendakwa bahwa sinar matahari hanya membuat anda berkeringat saja, apalagi kalau kuliah di siang hari pada saat matahari sedang panas-panasnya.

Vitamin D

Sejumlah besar simpanan kolesterol Anda terdapat di bawah kulit. Pada waktu berkas sinar ultraviolet disaring di kulit, ia mengubah simpanan kolesterol ini menjadi vitamin D. Menghadapkan sebagian dari tubuh ke sinar matahari selama 5 menit memberikan 400 IU (international unit) vitamin D. Anda membutuhkan 400 IU perhari menurut peraturan RDA (Recommended Dietary Allowances) di AS.

Sinar Matahari Mengurangi Gula Darah.

Dengan mengubah kolesterol di bawah kulit menjadi vitamin D, tubuh Anda akan memberikan peringatan kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit sehingga mengurangi kolesterol dalam darah.

Sinar Matahari Mengurangi Kolesterol Darah.

Cahaya matahari mampu berperan sebagai insulin yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Ini merangsang tubuh untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula yang tersimpan (glikogen) yang tersimpan di hati dan otot, sehingga menurunkan gula darah.

Sinar Matahari Adalah Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri.

Matahari sanggup membunuh bakteri penyakit, virus dan jamur. Itu berguna untuk perawatan tuberkulosis (TBC), erisipelas, keracunan darah, peritonitis, pnemonia, mumps, asma saluran pernafasan. Bahkan beberapa dari virus penyebab kanker dibinasakan oleh sinar ultraviolet. Infeksi jamur, termasuk candida, bereaksi terhadap sinar matahari. Beberapa jenis bakteri di udara dibinasakan dalam 10 menit oleh sinar ultraviolet. Seorang ilmuwan menutup setengah dari piring batu yang dipenuhi dengan bakteri – setengah lainnya disinari matahari secara langsung. Bagian piring yang tertutup tetap dipenuhi bakteri, tetapi tidak ada yang tumbuh di setengah piring yang terbakar sinar matahari. Semua bakteri telah terbunuh. Jika Anda membuka lebar tirai dan jendela rumah agar sinar matahari masuk ke ruangan, maka setelah satu jangka waktu sinar matahari ini akan membunuh bakteri yang berada di debu jendela dan lantai, sehingga membuat rumah Anda menjadi tempat yang lebih sehat untuk didiami.

Sinar Matahari Meningkatkan Kebugaran dan Kualitas Pernafasan.

Sinar matahari bisa meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Ini berarti banyak oksigen tersedia untuk dibawa ke otot sewaktu Anda berolahraga. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan volume nafas ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur matahari.

Sinar Matahari Membantu Membentuk dan Memperbaiki Tulang.

Dengan bertambahnya tingkat vitamin D dalam tubuh Anda karena paparan sinar matahari, kemampuan penyerapan kalsium akan meningkat. Ini menolong pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakitis dan osteomalacia (pelembutan tulang tidak normal).

Sinar Matahari Meningkatkan Beberapa Jenis Kekebalan.

Sinar matahari menambah sel darah putih terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Antibodi (gamma globulins) Anda akan bertambah. Sepuluh menit di.bawah sinar ultraviolet satu atau dua kali setiap minggu mengurangi potensi terserang flu antara 30 sampai 40 persen.

Kita jadi tahu kenapa orang Bule senang berjemur di bawah sinar Matahari, mereka memahami dengan benar misteri di balik matahari untuk kesehatan, kembali ke kita apakah kita memahami  dengan baik manfaat sinar matahari bagi kesehatan?

Nah Sekarang Kita akan menjadi lebih tahu.

8 Komentar (+add yours?)

  1. vidyametta
    Mar 14, 2009 @ 14:48:29

    terima kasih, informasi anda sangat berguna…
    semoga bermanfaat bagi semua…

    thetruechamp.wordpress.com

  2. dinarku
    Mar 14, 2009 @ 15:17:05

    Sama – sama mbak,
    Kita akan menjadi lebih tahu manfaat sinar matahari bagi kita, terus terang saya juga baru tahu kalo sedemikian besar manfaatnya matahari bagi kita.
    Monggo, sering – sering mampir di blog sederhana ini, saya akan berusaha selalu memberi informasi yang insyaallah berguna.

  3. Metta
    Mei 14, 2009 @ 08:10:34

    Duh…duh… dah lama ya dik dinar kita nggak jumpa, maaf ya commentnya dihapus kakakku, eh aku ikutan ptc yang ada di blogmu lho, jadi downline mu ya, da…dah…

    thetruechamp.wordpress.com

  4. dinarku
    Mei 16, 2009 @ 09:18:37

    Halo mbak….
    Salam Hangat dari dinar…
    O ya terima kasih telah ikut bisnis di blog sederhana dinar.
    Iya nih… sambil internet khan ndak ada salahnya ikut bisnis internet, tapi dinar cuman nulis usaha bisnis yang terpercaya dan yang jelas tanpa modal alias gratis…
    Kita khan nggak mau ambil resiko di dunia maya… benar khan?
    Ok deh mbak… terima kasih… sering mampir ke blog dinar ya….
    jangan bosan -bosan..

  5. al-afghany
    Agu 09, 2009 @ 15:47:00

    terima kasih atas infonya. semoga bermanfaat. info serupa sangat kami harapkan. semoga Alloh membalasnya dengan balasan setimpal. amin

  6. dinarku
    Agu 15, 2009 @ 13:50:05

    Amin.
    Alhamdulillah blog sederhana ini bisa membagi sesuatu kepada Mas al-afghany.
    Insya allah blog dinar ini akan terus memberikan informasi ke depannya.
    Terima kasih telah mampir & kasih koment,

    Salam Hangat.

  7. restu M.physio
    Mei 17, 2011 @ 13:44:55

    bener tuh, . . Kata dosen gw, sinar matahari akan mengaktifkan melanin yg ada dlm kulit yg berfungsi untuk mencegah kanker kulit. . .

  8. kaltim today
    Agu 26, 2012 @ 15:59:47

    Subhanallah, artikelnya sangat luar biasa sekali manfaatnya. Sebuah pencerahan yang mantap!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: